Tugas Jurnalistik 1

11:36 AM



1.    Membuat tulisan jenis “news”?
2.    Membuat tulisan jenis “features”?
3.    Membuat tulisan hasil investigasi?
4.    Membuat tulisan jenis “opini”?

Jawab:

1.    Presiden persilakan KPK periksa Hakim MK
Jakarta, kompas.com
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, komisi pemberantasan korupsi (KPK) tidak perlu meminta izin dari presiden untuk memaksa hakim konstitusi. KPK dapat langsung memanggil hakim konstitusi untuk keterangan.

Dahulu kata presiden, memang penegak hukum harus meminta izin presiden ketika hendak memeriksa jajaran pemerintahan, seperti menteri dan kepala daerah. Namun, sekarang tdiak perlu.

“Karena itu, yang berlaku sekarang, maka izin dari saya mana kala KPK memanggil hukum itu tidak diperlukan,” kata presiden jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (11/9/2013), sesuai menerima kunjungan menteri India ManMohan Singh
2.     
Caption
Pada suatu ketika aku dan keluargaku pergi ke pernikahan saudara di Grand Ballroom hotel Dharmawangsa di jalan Brawijaya pada hari Sabtu yang lalu 6 Oktober 12 sepupu kami yang bernama Prinkamidila dengan Riza Rinaldi Kromodimuljo, di dalam perjalanan lumayan macet juga sih tapi pas menuju ke hotelnya lumayan jalanan sepi padahal kan hari Sabtu itu kan jalanan rame yah kenapa sepi gini?? Aku berpikir mungkin pada ke mall kali yah kemungkinan begitu juga deh kan soalnya malam Minggu tuh makanya mungkin Mall rame di karenakan banyak anak muda yang jalan-jalan untuk shopping dan nonton bioskop kali yah aku berpikir gitu juga. Di dalam perjalanan aku tertidur hanya sebentar saja dan satu jam kemudian saudaraku membangunkan aku dari tidur, aku kucek-kecek mata dan kata aku berkata “wah bentar lagi sampai yah” ibuku menjawabnya “ade sih tidur mulu makanya mata jangan merem terus de” aku berkata “iya bu maaf habis kalau kena AC suka tidur sih”. Satu jam kemudian aku bangun dan mengobrol dengan saudaraku membicarakan apa saja yang bisa di bicarakan kemudian sampai di tujuan aku pun cuci muka untuk biar fresh supaya tidak mengantuk soalnya aku gampang mengantuk, ayahku parkir mobil di luar karena sudah penuh di dalam dengan om aku, aku keluargaku, tante dan om aku, dan saudaraku berjalan soalnya lumayan jaraknya jauh juga sih menuju ke dalamnya dan dengan kata “wow” aku kaget melihat hotelnya yang begitu megah dan luxury. Acara yang pertama memperkenalkan pengantin disini acaranya yang sederhana dan singkat pengantun pria yang berpidato sendiri perkenalkan mereka berdua dan mengucapkan banyak terima kasih kepada semua hadirin tamu yang datang stelah itu paar hadirin tamu mengucapkan selamat kepada kedua mempelai semoga mereka berdua selalu berbahagia kakek-nenek kami semua berbaris setelah itu kami mencicipi hidangan makan malam dengan menu makanan utama nasi putih, nasi goreng, beef stick, soup, ayam tim, tempura, dll makanan desertnya puding dan buah segar makanan yang di tempat lain istilah di gubuk-gubuk yaitu: dim-sum, sushi, berbagai macam salad, Spaghetti, salad sayur, salad buah, daging bebek, bakso, sate lontong, barbeque dan lasagne berbagai es, yaitu: es campur, es doger, ice cream minum-minuman kami disediakan teh manis hangat, kopi, softdrink, seperti coca cola, fanta, orange juice, dan air mineral. Dan terakhir kami di beri souvenir pohon berbagai macam kaktus dan fotobox untuk kenang-kenangan.

Setelah dari hotel Dharmawangsa kami pun ke rumah saudara ternyata letaknya dekat sekali di Kalibata di dalam perjalanan pun ramenya minta ampun deh dengan ramenya jalanan dengan suaasana yang malam yang indah Jakarta pun membasahi hujan, aku tertidur di mobil om aku apa mungkin ini di karenakan faktor kekenyangan kali yah hahaha setelah dalam perjalanan sesingkat mungkin aku di bangunkan sama tanteku dan aku bangun kemudian mataku di kucek-kucek dulu biar tidak mengantuk dan aku mulai refreshing dengan keluargaku dan aku pun masuk ke rumah saudaraku eh pacar saudaraku malah udah pulang tidak kenalin pula cuma lihat doang jadinya aku dan saudaraku ketawa-ketiwi jadinya dan bercanda sama keluarga, menonton tv dengan acara channel yang bagus dengan di awali channel trans 7 Opera Van Java road show hingga jam setengah 10 malam kemudian aku men-charge  handphone aku yang low-batt aku masuk ke kamar saudaraku dan aku tertidur di kamar saudaraku yang suasana dingin dan aku sangat suka dengan kamar saudaraku serba ungu karena saudaraku perempuan suka warna ungu serba ungu dan aku memeluk beruang berwarna ungu dengan cute yah aku ketiduran pula , pada malam hari itu juga aku dan keluargaku pulang sudah jam setengah 12 malam, dan aku kaget kemudian aku minta izin ke kamar mandi untuk cuci muka agar tidak mengantuk. Kemudian malam itu juga aku dan keluargaku berpamitan sama om dan tante aku, dengan saudaraku di Kalibata dan ucapan assalamualaikum maka kita naik ke mobil aku duduk di belakang supaya bisa tidur lagi hihihi, selama perjalanan panjang aku tertidur lelap tapi aku terbangun dengan ada yang membisikin aku dan aku melihat keluar tapi tidak ada apa-apa kemudian aku tidur lagi dengan saking ngantuknya aku mendengkur tapi kecil, saudaraku melihat aku tidur terlelap dan ibuku membangunkan aku dan aku terbangun suara pangggilan itu dan aku berkata “ada apa bu?” ibuku berkata “ade ngantuk yah kok tumben mendengkur yah” aku pun berkata “iya nih bu ade mungkin kecapekan kali yah” ibu ku pun berkata “ya sudah tidak apa-apa de” kemudian aku tidur lagi tapi tidak mendengkur dan aku pun tidur lagi dengan tertidur lelap  walau pun tidak terdengar suara-suara yang aneh dari luar aku masih terlelap tidur hingga di dalam perjalanan menuju ke rumah saudaraku yang di Bekasi sampai jam setengah 1 jam dan di dalam perjalanan mau pulang ke pondok cipta macetnya minta pun deh tapi pada akhirnya sampai di tujuan  di rumah ayahku, ibuku, dan kakak aku tidur di rumah.

3.    Ayam goreng itu dari daging tikus, waspadalah!!!
Waspadalah dengan ayam goreng yang sekarang ini sudah menjadi menyangkal daging tikus tapi sudah menyebar di ibukota Jakarta, sering kali kita makan mie ayam dan lain-lain karena selama ini yang kita pernah melihat mie ayam itu adalah mie ayam yang sudah menjadi daging ayam yang palsu itu adalah daging tikus tapi sih percaya ngga percaya saja, yang menjijikan ternyata sudah menjadi daging ayam palsu maka kita harus waspadalah dengan daging ayam yang satu ini sudah menjadi diperhatian orang-orang maka kita harus waspadalah. Kita harus tahu daging ayam palsu ini, dan tahu harga daging ayam palsu ini karena lemak daging tikus itu lebih banyak, jika mau lihat nih saya mau kasih tahu.

Walaupun kelihatan mirip sekali dengan ayam goreng benaran, dibawah ini sedikit tip untuk membedakan antara ayam goreng tikus dengan ayam goreng benaran:

1. Dari dagingnya, walaupun sama-sama putih dan rasanya benar-benar mirip, akan tetapii daging tikus lebih banyak lemaknya dan seratnya lebih halus daripada ayam benaran (seperti foto diatas yang penuh dengan minyak dibagian paha).

2. Dari kulitnya, perhatikan lebih teliti lagi apakah pori-porinya besar atau kecil. Kalau pori-pori kecil, kemungkinan yang pernah tumbuh adalah rambut. Pori-pori dari bulu (ayam) adalah lebih kasar daripada pori-pori bulu (tikus)

3. Dari tulangnya (emang yang ini agak susah), kalau ayam: bagian dada ya ada si tulang rawan, kalo di paha ya tulang paha yang besar itu, kalo punggung ya tulang rusuk, dsb. Kalau tikus akan terdapat sedikit sekali tulang di bagian punggung nya, dsb.

4. Dari harga, kalau harganya terlalu murah, lebih banyak kemungkinan kalau adalah ayam goreng jadian
5. Kalau tukang ayamnya dekat dengan rumah, datangi tuh tukang ayam sesering mungkin untuk membeli sayap. Kalo ga pernah ada sayapnya, patutlah anda curigai karena seperti kita tahu, salah satu ciri khas unggas adalah bagian sayap, yang tentunya tidak mungkin ada pada tikus. 

4.    Opini saya tentang kesimpulan cara gimananya “news”, “features”, dan “hasil investigasi”. Saya pun bisa menyimpulkan semua melalui cara berfikirnya diri saya sendiri karena apa, dengan secara observasi saya tentang “news” tentang Akil Mukhtar yang ternyata positif didiuga korupsi dan harus menjalani kehidupan di jeruji alias penjara yang kedua features tentang “kehidupan saya pada saat pernikahan saudara di Dharmawangsa” dan yang terakhir observasi saya tentang “ayam goreng palsu menjadi daging tikus” maka kita harus berhati-hatilah apa bila kita sudah melihat di berbagai situs, saya mencoba mengamati dan memahami maksud hasil investigasi saya karena apa orang-orang mengira bahwa hasil observasi saya takutnya salah menafsirnya dan apa bila jika ada yang percaya adanya itu berarti mereka sudah tahu bahwa ayam goreng palsu didiuga daging tikus sudah menyebar di ibukota Jakarta, dan ini hasil semuanya ternyata ada di berbagai  tempat selain di gerobak mie ayam baso atau yang lainnya intinya jangan pernah makan lagi selain kita tahu hal ini jangan sampai ada yang keracunan .

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe