Tulisan 5 softskill Ilmu Sosial Dasar

4:59 PM



                       Hidup keluarga yang harmonis
Secara umum mungkin dapat diketahui bahwa setiap manusia, baik itu secara individu mau pun secara keluarga (group) mengharapkan adanya suatu kehidupan yang harmonis, dalam arti hdiup damai, aman dan tentram, tiada permusuhan kalau memungkinkan ditunjang dengan perekonomian yang cukup.

Namun bila tidak memungkinkan kita tetap harus melakukan hal-hal yang baik, baik terhadap keluarga, bila tidak berkeluarga mau pun sesama manusia, lingkungan, dalam arti harus melakukan hal-hal yang positif walaupun kadang kehidupan tidak selalu enak karena Allah SWT. Selalu menguji umatnya selama berada di dunia atau di muka bumi ini. Karena itu menurut saya, hendaklah kita bersabar dalam kehidupan dunia yang tidak kekal abadi. Jangan lupa menjalankan apa-apa yang di perintahkan dan menjauhi apa-apa yang di larangnya.

Dengan demikian dalam kehidupan berkeluarga yang harmonis menurut saya haruslah setiap individu melakukan apa yang menjadi tugas dan kewajiban sehari-hari. Misalnya seorang ayah atau kepala keluarga harus bekerja untuk membiayai keperluan sehari-hari, biaya pendidikan anak-anak. Seorang ibu bila tidak bekerja harus menjadi ibu rumah tangga yang baik, dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan merapihkan rumah, memasak  dan merawat anak-anak. Sedangkan anak-anak harus melakukan kewajiban sekolah yang pintar sehingga dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi hingga selesai dan bekerja.
Diatas segalanya, sebagai umat beragama jangan lupa untuk menjalankan ibaadah sebagai ungkapkan rasa terima kasih atas apa yang telah diberikannya selama ini. Bila yang muslim harus rajin melaksanakan shalat lima waktu di sertai perbuatan baik lainnya, sedangkan yang non muslim harus juga melaksanakan kewajiban-kewajiban sesuai dengan kepercayaan masing-masing agama yang di anutnya,

Jadi kesimpulan yang dapat kami sampaikan dalam kehidupan kehidupan yang harmonis, alangkah baiknya bila tiap-tiap individu saling menghargai satu sama lain, sehingga tidak saing menyalahkan bila terjadi sesuatu masalah. Selain itu bila harus di selesaikan secara diskusi agar lebih baik jelas permasalahannya dan dapat di selesaikan dengan cara yang baik. Dengan perkataan lain kekompakan dan kebersamaan dapat menjadi pedoman hidup bagi suatu keluarga yang harmonis.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe